Pengunjung Budiman, selamat datang...

Kajian Belajar, menulis sebatas yang tahu, oleh Amar Lubai

Sunday, April 17, 2011

Lafal Al Afuwwu



Lafal Al Afuwwu mempunyai arti bahwa Allah, adalah Dzat yang menghapuskan segala kejahatan dan memaafkan orang-orang yang telah berbuat maksiat. Ismini mendekati makna Al-Ghafur, tetapi ia lebih sempurna. Sebab, Al-Ghafur itu adalah as-sitr (merahasiakan), sedangkan Al-Afuww itu adalah al-mahwu(menghapuskan).
Dikatakan bahwa para malaikat yang ditugasi untuk mencatat amal perbuatan manusia menghaturkan catatan amal-amalnya pada hari kiamat, lalu mereka lihat sebagian besar lembaran amal itu telah terhapus, padahal mereka mengetahui apa isinya. Maka sadarlah mereka bahwa Allah telah menghendaki kebaikan buat orang itu.
Firman Allah:  “Dan Dialah yang menerinza tobat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan…” (QS. Asy-Syura: 25)
Ya Allah, jadikanlah kami sebagai golongan itu. Sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa atas segala sesuatu.
Berakhlak dengan ism ini mengharuskan Anda memaafkan kejahatan-kejahatan orang lain dan memaafkan orang yang menganiaya Anda, bahkan Anda balas dengan perbuatan baik dan mendoakannya, sesuai dengan sifat Allah SWT. Sebab, betapa pun banyak dosa hamba-hamba-Nya, Dia tetap memberi rezeki dan menyejahterakan mereka, bahkan dihapuskan-Nya dosa-dosa mereka lalu digantikannya dengan kebaikan, jika dilihat-Nya mereka cenderung kepada tobat yang sebenarnya.
Khasiatnya
Barangsiapa membanyakkan zikir dengan ism ini, niscaya Allah akan membukakan baginya pintu maaf dan ampunan-Nya.
sumber –> http://blog.muslim-indonesia.com

No comments:

Post a Comment

Perkataan Lembut

Perkataan yang Lembut (Qawlun Maysur) وَإِمَّا تُعْرِضَنَّ عَنْهُمُ ابْتِغَاءَ رَحْمَةٍ مِنْ رَبِّكَ تَرْجُوهَا فَقُلْ لَهُمْ قَوْلًا مَيْسُ...