Pengunjung Budiman, selamat datang...

Kajian Belajar, menulis sebatas yang tahu, oleh Amar Lubai

Wednesday, March 28, 2012

TIPS Revisi DIPA 2012


LANGKAH MUDAH PENYUSUNAN REVISI DIPA
BERDASARKAN DRA (BERUPA KURANG ATAU TAMBAH PAGU)
  1. Pastikan pada computer anda telah terinstall aplikasi RKAKL DIPA 2012 update terbaru dan data DIPA kondisi terakhi;
  2. Pastikan juga Anda telah memiliki ADK revisi DIPA berdasarkan DRA;
  3. Jalankan Aplikasi RKAKL DIPA;
  4. Buatlah Histori revisi melalui Menu “Utility” Sub Menu “Buat Histori Revisi” kemudian klik (centang) pada kotak yang menunjukan nomor SP DIPA yang akan direvisi;
  5. Klik Proses, kemudian ‘ok’
  6. Masuklah pada Menu Utiliti, Klik pada sub Menu “Terima data DIPA”. Tentukan folder tempat anda menyimpan ADK berdasarkan DRA dimaksud.,Kemudian centang/klik pada kotak sesuai nama satker anda, Setelah muncul pesan “proses selesai” klik ‘ok’, klik ‘keluar’
  7. Isi Halaman III DIPA (Rencana Penarikan dan Perkiraan Penerimaan) melalui Menu “DIPA”, klik menu “ Data Rencana Penarikan (Hal III)”. Setelah diisi lengkap, pastikan jumlah pada kolom “PAGU dan “Jumlah Rencana” telah sama/sesuai. Perlu diketahui bahwa jika terdapat selisih jumlah pada kedua kolom ini, maka pada pencetakan DIPA akan muncul pesan “Data Salah, Cek lagi’
  8. Isikan Data Pejabat Pengelola pada menu “DIPA’, Sub Menu “Data KPA”. Pilih pada nama satker anda, isikan data nama KPA, Bendahara, dan PP SPM, serta NPWP, kemudian “Simpan”
  9. Isikan nama penandatangan DIPA pada Menu “Referensi” Sub Menu “Penandatangan”, klik “Rekam” kemudian isikan data Penandatangan DIPA, kemudian klik “simpan”. (Nama Kota tidak perlu diisi) --> Catatan : jangan mengklik/centang kotak pada “pejabat DJPB”
  10. Dengan langkah2 tersebut di atas, Anda telah selesai mengisi data DIPA. Langkah terakhir adalah mencetak DIPA, dengan cara sebagai berikut :
  •  Masuk menu “DIPA”, Sub Menu ‘DIPA”. Kemudian berikan tanda centang dengan mengklik pada kotak “SP”, IA,IB,II,II dan IV. Artinya Anda akan mencetak seluruh halaman DIPA.
  • Pada kolom Isian “Kanwil DJPBN”, isi dengan angka ’23’
  • Pada Kolom Isian “Tempat/Tanggal”, isi dengan ‘Makassar’
  • Pada kolom Isian “Pejabat Departemen”, klik tanda maka akan muncul nama pennandatangan, pilih salah satu yang sesuai dengan data yang telah anda isikan pada pada angka 9).
  • Langkah terakhir, klik “cetak”.
Dengan melakukan langkah 1-10, maka anda telah selesai menyusun revisi DIPA berdasarkan DRA.
Keterangan Tambahan : Revisi DIPA diajukan ke Kanwil dalam rangkap 13, minimal 3 rangkap bertandatangan asli, sisanya boleh fotokopi, tetapi tetap berstempel basah.

No comments:

Post a Comment

Perkataan Lembut

Perkataan yang Lembut (Qawlun Maysur) وَإِمَّا تُعْرِضَنَّ عَنْهُمُ ابْتِغَاءَ رَحْمَةٍ مِنْ رَبِّكَ تَرْجُوهَا فَقُلْ لَهُمْ قَوْلًا مَيْسُ...