Pengunjung Budiman, selamat datang...

Kajian Belajar, menulis sebatas yang tahu, oleh Amar Lubai

Sunday, April 17, 2011

Lafal Al Awwal


Lafal Al Awwal mempunyai arti bahwa Allah, Dzat Yang Qadim, Yang mendahului segala sesuatu.  Al-’Arif asy-Sya’rani menukil ucapan Quthb asy Syadzili, katanya: “Allah SWT telah menghapuskan segala yang lain, dengan firman-Nya:  “Dialah Yang Awal dan Yang Akhir; Yang Zhahir dan Yang Batin…” (QS Al-Hadid: 3)
Lalu dikatakan: “Lalu, ke manakah makhluk?”
Jawab: “Mereka ada, namun keadaan mereka di sisi Allah SWT seperti debu-debu yang beterbangan di udara, yang Anda lihat naik-turun di dalam cahaya matahari, yang jika Anda tangkap maka tidak akan Anda lihat lagi; ia ada di dalam penglihatan, tidak ada di dalam wujud.”
Berakhlak dengan kedua ism ini mengharuskan Anda menjadi orang yang pertama-tama berbuat kebaikan dan yang terakhir bergantung pada-Nya.
Khasiatnya
Khasiat ism Al-Awwal adalah untuk penyatuan kembali. Jika seorang musafir membiasakan membacanya setiap hari Jum’at sebanyak seribu kali, maka akan tercapailah cita-citanya.

No comments:

Post a Comment

Perkataan Lembut

Perkataan yang Lembut (Qawlun Maysur) وَإِمَّا تُعْرِضَنَّ عَنْهُمُ ابْتِغَاءَ رَحْمَةٍ مِنْ رَبِّكَ تَرْجُوهَا فَقُلْ لَهُمْ قَوْلًا مَيْسُ...