Pengunjung Budiman, selamat datang...

Kajian Belajar, menulis sebatas yang tahu, oleh Amar Lubai

Friday, April 15, 2011

Lafal Al Hakam

Lafal Al Hakam mempunyai arti bahwa Allah, adalah Dzat yang membeda kan antara orang celaka dan orang beruntung, dengan pahala dan siksaan. Al Hakam berasal dari kata hakama yang menurut bahasa artinya pelaksanaan atau pemenuhan, yang memisahkan antara dua perkara, dan menghalangi atau merintangi.
Al-Hakam adalah Hakim yang tidak dapat ditolak ketentuan-Nya dan tidak dapat dikomentari keputusan-Nya dalam memutuskan perkara antara yang hak dan yang batil, yang baik dan yang jahat. Dia memberi ganjaran kepada setiap orang berdasarkan apa yang telah mereka lakukan, dan Dia pulalah yang memisahkan antara makhluk-makhluk-Nya dengan apa yang Dia kehendaki.
Dikatakan bahwa makna Al-Hakam adalah:
Berakhlak dengan ism ini mengharuskan anda menjadi hakim antara hati dan jiwa anda, dengan jalan anda harus memperlakukan antara keduanya dengan adil dan meninggalkan tuntutan dan penyelewengan.

Khasiatnya
Barangsiapa berzikir dengan ism ini pada akhir malam dalam keadaan suci dan mengkonsentrasikan pikiran, maka Allah akan menjadikan batinnya sebagai tempat rahasia- rahasia ketuhanan.
sumber –> http://blog.muslim-indonesia.com

Doa
Yaa Hakamu uhkum man hasada ‘alaina wagossyana
Artinya : Yaa Tuhan Yang Maha Menetapkan Hukum, hukumlah orang-orang yang dengki dan curang kepada kami

No comments:

Post a Comment

Perkataan Lembut

Perkataan yang Lembut (Qawlun Maysur) وَإِمَّا تُعْرِضَنَّ عَنْهُمُ ابْتِغَاءَ رَحْمَةٍ مِنْ رَبِّكَ تَرْجُوهَا فَقُلْ لَهُمْ قَوْلًا مَيْسُ...