Pengunjung Budiman, selamat datang...

Kajian Belajar, menulis sebatas yang tahu, oleh Amar Lubai

Sunday, April 17, 2011

Lafal Al Muntaqim


Lafal Al Muntaqim mempunyai arti bahwa Allah, adalah Dzat yang membalas perbuatan orang-orang durhaka atas dosa-dosa yang mereka lakukan, dan menghukum siapa saja yang dikehendaki-Nya dengan sebesar-sebesar hukuman, dan Dia sangat keras siksaan-Nya. Ditimpakan-Nya bencana atas orang-orang durhaka dan orang-orang yang suka bertindak sewenang-wenang, serta dikeraskan-Nya siksaan atas orang-orang aniaya. Itu semua ditimpakan-Nya sesudah Dia memberi peringatan dan penundaan, sebab jika Allah SWT menyegerakan siksaan maka itu tidak mengharuskan siksaan yang sangat.
Yang paling terpuji di antara hukuman yang diberikan seorang hamba itu ialah jika ia menghukum musuh-musuh Allah SWT. Dan musuh yang paling besar bagi dirinya adalah hawa nafsunya. Sudah seharusnya jika ia menghukum orang yang melakukan maksiat atau melalaikan ibadah, sebagaimana dinukil dari Abu Yazid al Busthami, beliau berkata: “Pernah beberapa malam saya agak malas melakukan wirid, maka saya hukum diri saya dengan tidak memberikan air kepadanya selama satu tahun.”

Khasiatnya
Orang yang tidak mampu menghadapi musuhnya, hendaklah ia berzikir dengan ismini, namun harus diingatnya bahwa sebagaimana Allah menghukum musuhnya, mungkin pula suatu ketika akan menghukum dirinya, karena itu hati-hatilah!
Di dalam hadis disebutkan, bahwa jika seorang hamba mengutuk orang yang menganiayanya, maka Allah berkata: “Hai hamba-Ku, engkau mengutuk orang yang menganiayamu, sedang orang yang engkau aniaya juga mengutukmu. Jika Aku perkenankan kutukanmu itu, maka Aku juga akan memperkenankan orang yang mengutukmu itu!”
sumber –> http://blog.muslim-indonesia.com

No comments:

Post a Comment

Perkataan Lembut

Perkataan yang Lembut (Qawlun Maysur) وَإِمَّا تُعْرِضَنَّ عَنْهُمُ ابْتِغَاءَ رَحْمَةٍ مِنْ رَبِّكَ تَرْجُوهَا فَقُلْ لَهُمْ قَوْلًا مَيْسُ...