Pengunjung Budiman, selamat datang...

Kajian Belajar, menulis sebatas yang tahu, oleh Amar Lubai

Friday, April 15, 2011

Lafal Al Hamid

Lafal Al Hamid mempunyai arti bahwa Allah, Dzat yang terpuji dan berhak atas semua sanjungan. Sebab Dia bersifat dengan segala kesempurnaan. Dia terpuji dengan pujian bagi diri-Nya di alam azali, dan dengan pujian hamba-Nya kepada-Nya selamanya.

Sesungguhnya ini kembali kepada sifat-sifat Jalal, Kamal, dan ‘Uluww yang cocok dengan zikir orang yang berzikir betapapun banyak bilangan wasilah-nya. Al-Hamid tidak lain adalah pujian yang menyebutkan sifat-sifat sempurna dari segi Dia itu sempurna.

Sedangkan orang yang terpuji di antara hamba-hamba Allah ialah orang yang terpuji akidahnya, akhlaknya, amalnya, dan semua ucapannya, tanpa dicampur atau dikurangi. Yang memiliki sifat-sifat ini tidak lain hanyalah Nabi kita Muhammad saw., para nabi yang dekat dengan-Nya, dan yang mewarisinya dari golongan aulia dan ulaama.

Masing-masing pihak di antara yang tersebut itu adalah terpuji seimbang dengan apa-apa yang terpuji dari akidahnya, akhlaknya, perbuatannya, dan ucapannnya. Meskipun telah dimaklumi bahwa tidak ada orang yang terlepas dari aib atau kekurangan, sekalipun banyak sifat-sifatnya yang terpuji, maka yang terpuji secara mutlak hanyalah Allah SWT belaka.

Khasiatnya

Barangsiapa berzikir dengan ism ini dalam suatu khalwat yang sempurna selama 45 hari, tiap-tiap hari sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemampuannya, maka Allah akan mengangkatnya ke tingkat para wali.

sumber –> http://blog.muslim-indonesia.com

Blogged with the Flock Browser

No comments:

Post a Comment

Perkataan Lembut

Perkataan yang Lembut (Qawlun Maysur) وَإِمَّا تُعْرِضَنَّ عَنْهُمُ ابْتِغَاءَ رَحْمَةٍ مِنْ رَبِّكَ تَرْجُوهَا فَقُلْ لَهُمْ قَوْلًا مَيْسُ...