Pengunjung Budiman, selamat datang...

Kajian Belajar, menulis sebatas yang tahu, oleh Amar Lubai

Sunday, April 17, 2011

Lafal Malikul-Mulku


Lafal Malikul-Mulku mempunyai arti bahwa Allah, adalah Dzat Pemilik Kedaulatan Yang Kekal.  Dzat yang menjalankan semua urusan di dalam kerajaan-Nya menurut apa yang Dia kehendaki. Tidak ada yang bisa menolak ketentuan-Nya dan tidak ada akibat dari hukum-Nya. Al Mulk artinya “kerajaan,” dan Al-Malik artinya “Yang Mahakuasa dengan sempurna.” Seluruh yang maujud ini merupakan satu kerajaan dan Dia adalah Penguasanya. Semuanya itu merupakan satu kerajaan, sebab antara sebagian dengan sebagian lainnya ada keterkaitan. Dan, sekalipun Ia banyak dari satu sisi, sesungguhnya dari sisi lain Ia adalah satu, karena kesesuaiannya dalam kebutuhan kepada Penciptanya dalam mewujudkan dan mengekalkannya.
Contohhnya adalah tubuh manusia, ia merupakan sebuah kerajaan bagi hakikat manusia, di mana ia terdiri atas banyak sekali anggota tubuh yang berbeda-beda, namun ia seolah-olah saling membantu merealisasikan suatu tujuan bersama yang satu; dengan sifat demikian ini maka ia adalah suatu kerajaan. Begitu juga dengan alam semesta ini, ia ibarat satu orang dan bagian-bagian alam itu seolah-olah anggota tubuhnya; ia juga saling membantu dalam mewujudkan satu tujuan, yaitu menyempurnakan kebaikan yang mungkin adanya menurut yang dikehendaki oleh kemurahan Ilahi. Dan Allah SWT sajalah yang memilikinya, tidak ada sekutu bagi-Nya, kepunyaan-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala pujian, dan Dia Maka Berkuasa atas segala sesuatu.
Ber-taqarrub dengan ism ini mengharuskan seseorang selalu bersikap patuh dalam ibadah kepada Allah SWT dengan menghadirkan hati sehingga tidak disibukkan oleh yang lain.
Imam Al-Syadzill berkata: “Berhentilah di satu pintu agar terbuka bagi Anda beberapa pintu. Tunduklah kepada satu Raja agar seluruh makhluk tunduk kepada Anda.”

Khasiatnya
Barangsiapa membaca ism ini secara rutin, maka Allah akan memberikan harta kekayan kepadanya, dan dikayakan-Nya berkat karunia dan kemurahan-Nya.
sumber –> http://blog.muslim-indonesia.com

No comments:

Post a Comment

Perkataan Lembut

Perkataan yang Lembut (Qawlun Maysur) وَإِمَّا تُعْرِضَنَّ عَنْهُمُ ابْتِغَاءَ رَحْمَةٍ مِنْ رَبِّكَ تَرْجُوهَا فَقُلْ لَهُمْ قَوْلًا مَيْسُ...